Kegiatan


Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Program Studi D III Kebidanan STIK Sint Carolus

Ta. 2015/2016 di Desa Pasirmulya, Kec. Banjaran, Kab. Bandung

 

Dalam rangka pemenuhan kegiatan mahasiswa dalam mata kuliah Asuhan Kebidanan Komunitas, mahasiswa DIII Kebidanan perlu dibekali dengan pengalaman belajar secara nyata, khususnya tentang asuhan kebidanan komunitas, sehingga mahasiswa memiliki kompetensi yang cukup sesuai dengan peran, tugas dan tanggung jawabnya sebagai bidan.

STIK Sint Carolus Jakarta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, memberikan kesempatan mahasiswa untuk melakukan praktik kebidanan komunitas di Desa Pasirmulya Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung.

Kegiatan Praktik Kebidanan Komunitas berlangsung selama 20 hari yaitu dimulai pada tanggal 3 November sampai dengan 22 November 2015, diikuti oleh 44 Mahasiswa dengan 7 orang dosen pendamping yang secara bergantian mendampingi.

Mahasiswa bersama dengan para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Warga Desa Pasirmulya mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa, berdiskusi mengenai beberapa hal yang ditemukan mahasiswa saat melakukan pendataan. Kegiatan MMD dilaksanakan pada tanggal 13 November 2015

Diskusi kelompok yang melibatkan peran serta masyarakat dalam membahas permasalahan yang ditemukan, dan mencari pemecahan masalah yang dapat diterapkan oleh mahasiswa dan masyarakat.

IKRAR sebagai bentuk kesepakatan masyarakat desa dan mahasiswa dalam melaksanakan hasil Musyawarah Masyarakat Desa di Bidang Kesehatan.

Ikrar ini ditanda tangani oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, perwakilan masyarakat desa, dan juga perwakilan dari STIK Sint Carolus.

 

Kegiatan lain yang dilakukan adalah : 

Mahasiswa memberikan edukasi tentang Cuci tangan efektif kepada siswa dan siswi SD Sirnagalih, Desa Pasirmulya.

 

 

Beberapa mahasiswa memberikan edukasi kepada orangtua yang memiliki bayi dan balita mengenai MP-ASI, tumbuh kembang bayi dan balita, serta Imunisasi Bayi dan Balita.

Pemberian edukasi ini juga turut dihadiri oleh bidan desa, kader kesehatan, dan dosen pembimbing.

Mahasiswa melakukan praktik kebidanan komunitas di pelayanan posyandu. Posyandu memiliki beberapa kegiatan, diantaranya pemeriksaan tumbuh kembang bayi dan balita, pemberian imunisasi, pemeriksaan bayi sakit, pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan ibu nifas dan juga pemeriksaan lansia terutama lansia putri.

 

 

Penutupan kegiatan Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan dengan meriah oleh para mahasiswa, perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, orang tua asuh, dan masyarakat desa yang dilaksanakan di Balai Desa Pasirmulya. Dalam penutupan disampaikan mengenai permasalahan, pemecahan dan pelaksanaan kesepakatan MMD yang telah ditetapkan.