Berita

Cerita Singkat Jurnalistik Dalam Dunia Keperawatan

December 16, 2016 | By : Admin


Seorang Perawat adalah mereka yang benar-benar ingin mengabdikan diri secara utuh dalam memberikan pelayanan kepada orang lain. Dari tahun ke tahun jarang sekali anak-anak muda yang ingin masuk dalam dunia keperawatan, karena beranggapan bahwa menjadi mahasiswa perawat adalah hal yang membosankan tidak dapat melakukan kegiatan lain di luar kampus ataupun jarang melakukan kegiatan seperti adanya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  dan ikut dalam organisasi baik dalam maupun di luar kampus.

Itulah mengapa jarang siswa-siswa SMA atau sebutlah anak muda mau mengambil jurusan dalam bidang keperawatan. Namun nyatanya tidaklah demikian, di sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang ada di Jakarta  yaitu “STIK SINT CAROLUS” mempunyai banyak mahasiswa yang mengambil jurusan keperawatan. Sekolah Tinggi Kesehatan Carolus telah membuktikan bahwa dunia perawat tidaklah membosankan. Mengapa demikian ? Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus selalu memberikan yang terbaik kepada mahasiswanya, dalam hal bebas merealisasikan bakat atau hobi mereka untuk tetap di kembangkan, bahkan memperbolehkan untuk mengikuti perlombaan yang di adakan di luar kampus bahkan dalam kategori perlombaan Nasional.

STIK Sint Carolus senantiasa memberikan dukungan, sebagai contoh membentuk UKM agar setiap mahasiswa yang mempunyai bakat dalam bidang tersebut bisa merealisasikannya dengan baik, memfasilitasi setiap ruangan yang ada untuk di jadikan tempat mahasiswa mengembangkan bakat atau potensi mereka. Ada beberapa jenis UKM yang di bentuk oleh STIK Sint Carolus diantaranya adalah UKM Jurnalistik, Komunitas Mahasiswa Penggiat Anti Narkoba (KOMPAK), Futsal, Paduan Suara, KMK (Kumpulan Mahasiswa Katolik ), dan Taekwondo. Hal ini merupakan salah satu bentuk usaha dari STIK Sint Carolus dimana memberikan kebebasan untuk setiap mahasiswanya dapat memilih bidang apa yang sesuai dengan bakat ataupun hobinya sendiri. Inilah bukti bahwa menjadi seorang perawat itu tidak harus menggeluti dunia keperawatannya saja namun dapat mengembangkan potensi yang ada dari setiap individu. Namun tak lupa pula STIK Sint Carolus adalah salah satu Kampus Kesehatan yang terbaik di Jakarta bahkan di seluruh Indonesia karena telah menghasilkan lulusan-lulusan yang mempunyai skill dalam keperawatan dan pengetahuan yang luar biasa hebat. Karena hampir setiap lulusan dari Carolus menjadi orang-orang penting yang ada di Indonesia.

Saya sebagai salah satu mahasiswa dari STIK Sint Carolus , tidak merasa tersiakan masuk dalam dunia keperawatan ini karena beberapa hal yang telah saya tahu dari program kerja kampus, proses belajar di kelas, dan hal lainnya yang membuat saya tertarik untuk tetap bertahan dalam dunia keperawatan ini. Saya juga mengikuti salah satu jenis UKM yaitu “Jurnalistik”.

Jurnalistik adalah  teknik, ilmu dalam proses meliput atau menuliskan berita, feature, dan artikel mengenai pendapat atau opini di media massa berupa majalah, blog, dan media online lainya. Lebih tepatnya meliput atau mendokumentasikan suatu  Event yang perlu di publikasikan agar banyak orang yang tidak tahu menjadi tahu, namun dalam hal yang memberikan edukasi atau pendidikan yang bermanfaat. Dalam UKM Jurnailitik saya di tempatkan pada divisi Buletin, karena sesuai apa yang ingin saya realisasikan kedepannya nanti. Buletin adalah salah satu divisi yang berperan dalam meliput, mewawancarai, dan mempublikasikan atau menerbitkan suatu topik atau aspek tertentu secara berkala dengan baik dalam waktu yang cukup singkat. Tugas dari buletin adalah menggali atau mencari tahu maksud dan tujuan dari sebuah Topik yang di angkat untuk di bahas. Hal itulah membuat saya menjadi tertarik, sehingga saya mengikuti UKM Jurnalistik ini. Dengan latar belakang profesi perawat,yang sudah terbiasa dengan komunikasi terapeutiknya, hal ini justru sangat membantu saya, karena dalam Buletin hal yang di perlukan paling penting adalah komunikas yang baik.

Oleh karena itu, menjadi seorang perawat bukan berarti hanya terpatok dengan tugas sebagai perawat, namun menjadikan perawat yang lebih kreatif, dan inovatif, dengan kemampuan dan potensi ini juga bisa menambah pengetahuan perawat tentang dunia luar, Namun tak terlepas dari tanggung jawab sebagai seorang perawat yang profesional dengan memiliki softskil yang baik.

Semoga hal ini dapat membantu semua mahasiswa atau teman-teman dalam dunia keperawatan sebagai motivasi agar semakin mencintai profesi kalian sebagai Perawat yang profesional.

 

Saya bangga menjadi bagian dari keluarga besar STIK SINT CAROLUS.  (ALO)

 

 

“believe in yourself can make you better, do what you can do with passion."