Kegiatan Kampus

Lunchtime Seminar STIKSC

March 06, 2017 | By : Admin


Mari bergabung dalam acara Lunchtime Seminar yang diadakan di STIK Sint Carolus!

Salah satu indikator penentuan ranking perguruan tinggi di dunia adalah penelitian atau disebut sebagai citation (Research influence) (Times Higher Education, 2015). Sementara itu, jumlah publikasi ilmiah Indonesia masih sangat rendah dibandingkan dengan sesama Negara ASEAN seperti Thailand, Malaysia dan Filipina (Da’I, 2015) bahkan di bawah negara Bangladesh yang juga adalah Negara Asia (Purwoko, 2011). Proporsi jumlah peneliti dan penduduk Indonesia adalah 90:1.000.000 (Kompas, 2015). Kegagalan ini bisa merupakan gambaran dari apa yang terjadi pada tingkat perguruan tinggi juga.

Untuk mampu melakukan penelitian yang baik, diperlukan keterampilan meneliti dan menulis yang benar dari segenap sivitas akademika. Namun kenyataan yang terjadi, Indonesia mendapatkan peringkat terburuk kedua, dari 65 negara yang disurvei, dalam hal kemampuan literasi (membaca dan menulis) (Republika, 2017). Kontribusi tahunan peneliti Indonesia yang menulis di jurnal Ilmiah Internasional masih jauh di bawah Singapura (Universitas Gajah Mada, 2014).

Sivitas akademika perlu didorong untuk memiliki budaya menulis ilmiah dan meneliti yang benar. Mereka perlu diperlengkapi dengan skill terkait penelitian dan penulisan ilmiah, sehingga penelitian dan tulisan ilmiah yang dihasilkan dapat berkualitas Kemampuan membuat tulisan ilmiah dan penelitian yang benar merupakan awal dari publikasi ilmiah yang berkualitas. Pada akhirnya, setiap tulisan yang dipublikasikan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Berikut adalah jadwal Lunchtime Seminar yang diadakan di STIK Sint Carolus :