Kegiatan Kampus

Pengabdian Masyarakat Johar Baru

July 10, 2018 | By : Admin


Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen tim KMB beserta 5 org mhsw program S1 Keperawatan jalur B. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka perayaan lustrum ke XI STIK Sint Carolus yg bekerja sama dengan puskesmas kelurahan kampung rawa di RT 02.

Tema penyuluhan yg diberikan adalah mengenai hipertensi dan pencegahan terjadinya stroke serta mengenal DM : deteksi dini dan penatalaksanaannya di rumah.

Sebelum penyuluhan dilakukan, peserta yg mengikuti penyuluhan adalah warga RT 02 kampung rawa berjumlah 79 org dan lebih byk perempuan dibandingkan laki2. Penyuluhan ini juga disertai dgn penelitian mini yg dilakukan oleh tim KMB mengenai risiko dan deteksi dini penyakit kardiovaskuler berdasarkan study Framingharm.

Sebelum penyuluhan dilakukan, setiap peserta dilakukan pengukuran BB dan TB, pengukuran TD dan pemeriksaan GD. Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti penyuluhan ini dan banyak yg mengajukan pertanyaan terkait hasil pemeriksaan GD dan TD nya. Tokoh masyarakat dan warga mengharapkan penyuluhan ini dpt dilakukan secara rutin sehingga dpt meningkatkan kesehatan masyarakat.

Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat!