Kegiatan Kampus

Pengabdian Masyarakat Komunitas Mahasiswa Penggiat Anti Narkoba

February 21, 2017 | By : Admin


Napza atau yang biasa di kenal dengan sebutan narkoba adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis, yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran, gangguan syaraf, dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Prevalensi pengguna narkoba di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Jumlah pengguna narkoba pada bulan juni 2015 tercatat 4,2 juta dan pada November 2015 meningkat signifikan hingga 5,9 juta. ( BNN, 2016). Penggunaan narkoba banyak disebabkan karena kurangnya pemahaman tentang narkotika serta kepedulian dari masyarakat serta hukum yang masih belum mengikat secara maksimal. Setiap hari terdapat 30-40 orang yang meninggal karena narkoba (Budi Waseso Ka BNN, 2016)

Oleh karenanya STIK Sint Carolus secara giat melakukan upaya-upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika baik didalam aupun diluar kampus. Upaya di luar kampus salah satunya dengan bekerjasama dengan 5 Universitas ternama di Jakarta diantaranya Universitas Mercu Buana, Budi Luhur, Moestopo Beragama, YARSI, dan Kalbis Institute untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang digelar di Dusun Kadu Sewu, Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Kegiatan yang digelar hari Sabtu tanggal 11 Februari 2017, STIK mengirimkan Komunitas Mahasiswa Penggiat Anti Narkoba (KOMPAK) Sint Carolus untuk melakukan penyuluhan kepada siswa-siswi SDN Kadu Sewu dan warga setempat dengan materi Bahaya Narkoba, hal ini bertujuan agar siswa-siswi SD Kadu Sewu dapat menghindari bujukan orang yang tidak dikenal untuk menggunakan narkoba yang disamarkan dalam bentuk permen, coklat, ataupun makanan. Selain itu keluarga diharapkan dapat meningkatkan kepeduliannya serta melakukan pemantauan terhadap aktivitas dan perilaku anaknya.

Selain penyuluhan bahaya narkoba, KOMPAK yang merupakan gabungan dari Prodi S1 Keperawatan, S1 Ilmu Gizi, dan D3 Kebidanan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis dan konseling gizi terhadap kurang lebih 200 kepala keluarga yang terdapat di dusun Kadu Sewu. Bukan hanya mahasiswa dosen pembimbing STIK Sint Carolus juga turun langsung untuk memberikan penyuluhan dan membantu dibagian farmasi.

Dosen Pembimbing              : Ns. Yunita Astriani Hardayati., S.Kep

Mahasiswa S1 Keperawatan   : Lidya Rahel Caroline dan Renata

Mahasiswa S1 Ilmu Gizi         : Alvin Sebastian dan Tri Yuliarta Lestari

Mahasiswa D3 kebidanan       : Regina Dominike

Berikut adalah dokumentasi kegiatan :

Salam KOMPAK!