Berita

Peran Generasi Muda dalam melanjutkan Semangat Kepahlawanan

December 16, 2016 | By : Admin


Siapa itu pemuda?

Berbicara soal pemuda, kita tahu bahwa yang dilakukan pemuda itu adalah sesuatu hal yang  menarik dan selalu mengundang banyak perhatian dari berbagai kalangan karena mereka merupakan kaum intelektual yang kaya akan kritik dan imajinasi, serta peran mereka dalam setiap peristiwa yang terjadi di tengah perubahan masyarakat dan terkait dengan sesuatu yang selalu membanggakan bangsa, mengharumkan nama bangsa dengan berbagai upaya dan usaha yang dilakukan oleh pemuda. Mereka selalu mempunyai semangat yang tinggi, mempunyai banyak ide-ide yang cemerlang, mempunyai hal-hal yang begitu kreatif untuk dilakukan, dan pastinya hal yang dilakukan itu selalu berguna untuk Bangsa dan Negara. Tidak bisa dipungkiri bahwa pemuda selalu memegang peranan yang sangat penting dalam setia pada revolusi bangsa. Realita pemuda yang seperti itulah yang dibutuhkan bangsa.

Cobalah mengingat kembali Negara Indonesia kita pada tujuh puluh tahun yang lalu, indonesia dalam keadaan tak berdaya sedang dikuasai oleh negara asing, lihatlah pemuda kita pada saat itu dengan semangat yang tinggi, dengan pikiran-pikiran yang kritis mereka tidak begitu mudah jatuh dan menyerah, tidak pernah lelah dalam membela tanah air kita, tidak ada kata menyerah di wajah mereka, selalu melakukan berbagai cara untuk tetap bertahan. Karena itulah bangsa kita terbebas dari penjajahan, berkat semangat dan perjuangan yang telah mereka lakukan pada masa itu. Hal tersebut tidak begitu mudah untuk dilakukan oleh seorang pemuda, namun mereka telah membuktikannya bahwa jiwa dari seorang pemuda itu adalah jiwa sang pejuang bangsa.

Apakah pemuda kita saat ini selalu berjuang untuk mengharumkan nama bangsa?

Apakah semangat pemuda kita zaman ini adalah semangat yang tinggi yang berjuang demi bangsa?

Jawabannya ada pada diri “anda”.Cobalah mengingat kembali lagu Indonesia raya yang dikumandangkan pertama kali di Indonesia dan bunyi gong dan suara yang dinyayikan pada masa itu, penuh semangat dan perjuangan.

Mengapa pada saat ini tidak sehebat seperti hari itu?

Mengapa pemuda kita saat ini begitu jauh dari rasa Nasionalisme?  

Kita adalah pemuda yang selalu mempunyai semangat yang tinggi. Dengan adanya masalah inilah yang melatih para pemuda masa lalu bangkit dari penderitaan dan memperbaikinya dengan kesejahteraan. Kita pun demikian teman, bangkit dan terus melawan dan melewati masalah yang ada didepan kita dan terlatih membiasakan diri untuk meningkatkan dan memperbaiki perilaku dan cara berpikir kita untuk lebih efektif demi pertumbuhan dan perkembangan bangsa kita.

Lihatlah di Ibukota Negara kita, banyak pemuda dan pemudi melakukan hal yang diluar batas kewajaran kita. Banyank yang melakukan tawuran, disudut-sudut kota jakarta terlihat sekelompok pemuda dan pemudi yang sedang mabuk-mabukan, memakai narkoba, bahkan ada yang melakukan free sex. Disetiap pinggiran trotoar terlihat sosok pemuda yang menujukan wajah pucat, lemas dan tak berdaya sambil menunggu benda besi yang datang untuk dinaiki dan siap melantunkan beberapa melodi kecil untuk berharap belas kasihan dan mendapatkan sebuah bundaran perak kecil agar mereka berharap besok masih bisa bernapas lagi. Ini mereka lakukan karena satu-satunya jalan untuk menyambung napas karena keadaan dimana menuntut mereka harus melakukannya. Hal ini masih dimaklumi namun disisi lain ada juga pemuda yang sama sekali tidak memperdulikan masa depan mereka sendiri. Bermalas-malasan dalam belajar, selalu menunda waktu dan melakukan hal yang tidak begitu penting selalu mencari-cari alasan yang tidak penting.

 Hai teman, mengapa kita hanya terdiam duduk sambil melihat apa yang tidak dilakukan oleh pemuda kepada Negara, bukan apa yang telah diberikan oleh pemuda itu sendiri? Mengapa kita tidak memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa kita ini, sadarkah engkau kalau saat ini Ibu pertiwi kita sedang menumpahkan air matanya, menangis hanya karena melihat anak-anaknya yang tumbuh pada era ini.

Generasi muda harusnya berperan positif membangun daerah. Sangat disayangkan jika pelaku tindak kriminal paling banyak adalah pemuda itu sendiri. Pemuda penerus bangsa kiranya menjadi panutan untuk generasi selanjutnya dan menjalankan tugas sebagai warga Negara yang baik. Masa depan Bangsa kita sangatlah ditentukan oleh para generasi muda Bangsa ini. Kaum intelektual Indonesia adalah masa depan Bangsa ini.

Mulailah dari hal yang kecil, jika anda mahasiswa belajarlah sebagaimana apa yang anda dapatkan perguruan tinggi anda, hal kecil yang kamu buat dapat menjadi besar harapannya di kemudian hari. Tanamkan jiwa mudah kita di dalam diri kita, buktikan pada bangsa ini, kembalikan senyuman manis dari tangisan Ibu pertiwi kita dengan prestasi yang di miliki.

Mari saudara mudaku, kita bersama-sama maju dan melangkah demi orang tua, bangsa dan Negara kita ini. (ALO - UKMJurnalistik)