Berita

Program Interprofesional Learning (IPL)

February 13, 2018 | By : Admin


Kerjasama yang baik dan pemahaman masing-masing peran dokter dan perawat tentu sangat diperlukan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Di sisi lain, tidak jarang ditemukan adanya kesalahpahaman yang terjadi dalam praktik kedokteran karena kurangnya pemahaman diantara banyaknya tugas yang ditanggung bersama. Beberapa bagian pekerjaan dari dokter dan perawat ada yang saling tumpang tindih, sehingga dapat mengganggu keharmonisan dalam pelayanan kepada masyarakat. Pdahal pasien tentu membutuhkan kenyamanan dalam proses pengobatannya. 

Untuk mengatasi fenomena tersebut, sejak tahun 2015 STIK Sint Carolus telah bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran UNIKA Atmajaya untuk melakukan program Interprofesional Learning bagi mahasiswa. Program ini dilakukan setahun sekali, dengan tujuan untuk membantu para calon dokter dan perawat yang masih dalam proses pendidikannya untuk dapat melakukan kerja sama yang baik, dimulai dari pemahaman mengenai peran masing-masing profesi. Pada tanggal 1 - 2 Februari 2018 yang lalu, Dosen (19 orang) sebagai fasilitator dan Mahasiswa Keperawatan mengikuti kegiatan Interprofesional Education (IPE) yang dilaksanakan di FK UNIKA Atmajaya Jakarta. Hal ini membawa dampak yang positif bagi mahasiswa keperawatan dalam berkolaborasi dengan profesi dokter. 

Diharapkan dengan adanya program ini dapat membantu kerjasama diantara dokter dan perawat dalam melayani masyarakat, sehingga hubungan jangka panjang yang profesional dapat dicapai. 

"Interprofesional Education has always been important for patient care." (Heidi Anderson)