Kegiatan Kampus

Seminar Mahasiswa S1 Keperawatan

January 26, 2017 | By : Admin


PROFICIAT kepada mahasiswa S1 Profesi Keperawatan STIK Sint Carolus yang telah melaksanakan seminar keperawatan yang bertema “EARLY WARNING SYSTEM FOR NURSES IN CRITICAL CARE SITUATION” diadakan pada tanggal 21 Januari 2017 di RS Pondok Indah Jakarta Selatan.

 

Pelayanan kesehatan terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi dibidang kesehatan serta bertambah kompleksnya masalah kesehatan yang dihadapi masayarakat. Lingkungan pelayanan kesehatan yang terus berubah menjadikan tantangan tersendiri baik bagi pemberi pelayanan kesehatan maupun klien sebagai konsumen layanan kesehatan. Kepekaan petugas kesehatan terhadap kecepatan dan ketepatan layanan dengan mengembangakan berbagai inovasi merupakan kunci bagi tecapainya pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau.

 

Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat (KEMENKES RI No. 340/MENKES/PER/III/2010). Maka dari itu instalasi gawat darurat merupakan gerbang utama penanganan kasus gawat darurat di rumah sakit yang memegang peranan yang sangat penting dalam kelangsungan hidup pasien. Pelayanan gawat darurat memerlukan pertolongan dan penanganan segera yaitu cepat, tepat, dan cermat unuk menentukan prioritas kegawatdaruratan pasien untuk mencegah kecatatan dan kematian. Salah satu indikator keberhasilan penanggulangan medik penderita gawat darurat adalah kecepatan memberikan pertolongan yang memadai kepada penderita gawat darurat baik pada keadaan rutin sehari-hari atau sewaktu bencana, serta kualitas pemberian pertolongan untuk menyelamatkan nyawa atau mencegah cacat sejak di tempat kejadian, dalam perjalanan hingga pertolongan rumah sakit.

 

Setelah melewati masa kegawat daruratan, pasien harus menjalani perawatan kritis secara bekesinambungan, untuk upaya perawatan pasien yang maksimal. Keperawatan kritis merupakan area keperawatan yang dikembangkan untuk menjawab tantangan dan kebutuhan klien dengan masalah kesehatan akut dan mengancam jiwa yang memerlukan perawatan secara intensif (Urden, Stacy, & Lough, 2006).

 

Pada pengkajian keperawatan yang dilakukan pada semua sistem tubuh untuk menopang dan mempertahankan sistem-sistem tersbeut agar tidak terjadi kegagalan. Kemudian pada diagnosa keperawatan yaitu mencari perbedaan serta mencari tanda dan gejala yang sulit diketahui untuk mencegah kerusakan atau gangguan lebih luas. Perencanaan pada penerimaan dan adaptasi pasien secara konstan terhadap status yang berubah. Pada intervensi ditujukan terapi gejala-gejala yang muncul pertama kali untuk pencegahan kritis dan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama sampai dapat beradaptasi dengan tercapainya tingkat kesembuhan yang lebih tinggi atau terjadi kematian. Dan pada evaluasi dilakukan secara terus menerus dan dalam waktu yang lama untuk mencapai keefektifan masing- masing tindakan atau terapi secara terus menerus menilai kriteria hasil untuk mengetahui perubahan status pasien. Jika perawat menerapkan teori keperawatan kritis setelah kasus kegawatan pasien tersebut ditangani, maka kualitas hidup pasien lebih baik.

Sukses selalu untuk semua.....