30 Jul 2021

Webinar Kebidanan STIK Sint Carolus “Indonesian Teenagers Psychological During The Pandemic and The Effects on Reproductive Health”

Webinar Kebidanan STIK Sint Carolus “Indonesian Teenagers Psychological During The Pandemic and The Effects on Reproductive Health”

Prodi Kebidanan STIK Sint Carolus mengadakan Seminar Ilmiah secara daring dengan tema “Indonesian Teenagers Psychological During The Pandemic and The Effects on Reproductive Health” pada tanggal 31 Juli 2021 pada pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB.

Masa remaja merupakan tahapan perkembangan yang terjadi secara pesat dalam perjalanan hidup individu. Pematangan fisik berkaitan dengan perkembangan biologis sejalan dengan proses kematangan psikosial. Pada tahapan remaja, secara psikologis masuk ke dalam tahapan adolensia, dimana tahapan ini terdapat kebutuhan terhadap pengalaman baru, rasa aman, alasan dan pengakuan.  Timbulnya pemberontakan terhadap aturan yang ada merupakan salah satu upaya dalam menentukan kepuasan atau pemenuhan atas keinginan yang fundamental tersebut. Kondisi ini salah satunya dapat menyebabkan terjadinya disharmoni mental pada remaja. Pada era Revolusi Industri 4.0, tantangan pembinaan terhadap ketahanan remaja sangat kompleks, hal ini juga diperberat dengan kondisi pandemi yang sedang terjadi dan berdampak pada seluruh negara di dunia. Konsentrasi pada masa pandemi sedikit ditujukan pada remaja, beberapa pendapat menganggap remaja sebagai individu kuat dan sehat dari segi fisik, namun kenyataannya remaja juga merasakan dampak yang berat terutama jika dikaji dari segi kesehatan mental. Pendampingan merupakan hal yang sangat mendasar untuk mengatasi masalah tersebut, perlu kerjasama yang baik dari orang tua, bidan bahkan psikolog. Hal inilah yang  melatarbelakangi kegiatan yang kami selenggarakan pada kesempatan kali ini.

Materi dan Narasumber :

  1. Naomi Ernawati, M.Psi, Psikolog

          Psikolog Klinis

“Dampak Psikologi dan Perkembangan Mental Remaja Pada Masa Pandemi Covid 19”

 

      2. Lorensia Panselina Widowati, S.Keb., Bd., MKM​​​​​​​

Dosen STIK Sint Carolus

“Peran Bidan Terhadap Perkembangan Remaja di Masa Pandemi Covid 19”

 

     3.Edra Margaretha Milenia​​​​​​​

Mahasiswa Kebidanan STIK Sint Carolus

“Masalah-masalah Yang Dialami Remaja Pada Masa Pandemi Covid 19”

 

SALAM SEHAT

Program Studi Kebidanan Program Sarjana

 

 

 

 

Oleh : Dewi Novitasari Suhaid, M.Keb